WELCOME TO MY SIDE EVERY ONE

WELCOME TO MY SIDE

you could read some articles here

Rabu, 30 Juni 2010

TUJUAN PENDIDIKAN

A. Tujuan Pendidikan Dalam Islam
Tujuan pendidikan islam adalah mendekatkan diri kita kepada Allah dan pendidikan islam lebih mengutamakan akhlak. Secara lebih luas pendidikan islam bertujuan untuk
Pembinaan Akhlak
Penguasaan Ilmu
Keterampilan bekerja dalam masyarakat
Mengembangkan akal dan Akhlak
Pengajaran Kebudayaan
Pembentukan kepribadian
Menghambakan diri kepada Allah
Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat

B. Tujuan Pendidikan Secara Umum
Tujuan pendidikan secara umum dapat dilihat sebagai berikut:
1.Tujuan pendidikan terdapat dalam UU No2 Tahun 1985 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan dan bertagwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan kerampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa.
2.Tujuan Pendidikan nasional menurut TAP MPR NO II/MPR/1993 yaitu  Meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan memepertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawaan sosial, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi masa depan.
3.TAP MPR No 4/MPR/1975, tujuan pendidikan adalah membangun di bidang pendidikan didasarkan atas falsafah negara pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangun yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggung jawab dapat menyuburkan sikap demokratis dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam UUD 1945.
Tujuan pendidikan pada dasarnya merupakan perubahan yang diinginkan oleh pendidikan itu sendiri. Merujuk pada pandangan al-Qur’an tentang tujuan Pendidikan Islam, pada umumnya terbagi menjadi 2 yaitu; Pertama, menjadikan peserta didik sebagai abdun atau hamba Allah, yang memberikan pengetahuan kepada mereka untuk menyadari akan penciptaannya serta tujuan dari penciptaan mereka agar mereka beriman dan bertaqwa. Allah menciptakan manusia pada dasarnya hanya untuk menyembah kepada-Nya , dan Allah juga mengajarkan mereka seruan untuk beribadah, dan sesungguhnya Allah telah mengutus Rasul agar memberikan seruan kepada umatnya agar senantiasa menyembah dan beribadah kepada Allah SWT .

Kedua, mengantarkan peserta didik (manusia) untuk menjadi kholafah di muka bumi, dan mampu berperan aktif dalam mengemban amanat-amanat kekholifahannya , yang termasuk diantaranya adalah merealisasikan agenda humanisasi, dan transedensi .

Dr. Quraisy Shihab mengemukakan bahwa tujuan pendidikan Islam dalam al-Quur’an adalah membina manusia secara pribadi dan kelompok sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan kholifah-Nya, guna membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang ditentukan Allah, atau dengan kata lain “untuk bertaqwa kepada Allah SWT”, karena taqwa adalah muara dari segala aktifitas manusia sebagai abdillah .

Sedangkan secara universal tujuan-tujuan pendidikan dalam al-Qur’an diantaranya adalah;

1. Memberikan kebebasan berfikir pada setiap manusia terhadap ayat-ayat kebesaran Allah. Kebebasan tersebut diartikan sebagai media untuk transformasi nilai-nilai al-Qur’an sebagai prinsip kehidupan seperti terdapat pada surat Al-A’raf ayat 175 .
2. Membangun dan mengembangkan potensi. Al-Qur’an menegaskan pada seluruh manusia untuk senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Seperti dijelaskan Allah dalam surat Taahaa ayat 144 dan surat Qaaf ayat 16 .
3. memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat, artinya pendidikan dalam al-Qur’an memberikan pelajaran agar dalam kehidupan ini manusia mejaga keseimbangan antara urusan dunia dan urusan akherat. Seperti dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 102 dan surat Al-Qashash ayat

Sumber: Nahy_ahy.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar